PERBAIKAN SISTEM REM
1.
Gejala Kerusakan
Konsumen mengeluh bahwa saat pedal
rem diinjak, kendaraan tidak mau berhenti. Singkatnya rem kurang pakem.
2.
Analisa Kerusakan
·
Melihat gejala keruskan di atas bisa
diperkirakan penyebab tersebut antara lain :
a. Mungkin
minyak remnya kurang/habis
b. Mungkin
saluran minyak berisi udara
c. Mungkin
terjadi kebocoran pada sistem rem
d. Mungkin
kampas rem sudah tipis
3.
Tujuan
a. Mengganti
kampas rem pada rem depan
b. Membersihkan
komponen-komponen kotoran seperti vaselin yang telah berubah akibat panas, debu
bercampur oli dan sebagainya
4.
Alat dan Bahan
Alat :
a. Kunci
roda
b. Kunci
ring 12mm
c. Amplas
d. Dongkrak
e. Jack
Stand
Bahan :
a. Vaselin
b. Minyak
rem
5.
Keselamatan Kerja
a. Bagi
Praktikan
1) Mengenakan
pakaian kerja, sarung tangan, masker dan topi
2) Serius
dalam bekerja dan tidak bercanda
b. Bagi
Alat dan Bahan
1) Menggunakan
alat kerja sesuai dengan fungsinya
2) Membuang
minyak rem di air, supaya tidak menetes pada body
c. Bagi
Lingkungan Sekitar
1. Menggunakan
alas / baskom untuk melindungi kotoran yang jatuh ke lantai
2. Menjaga
kebersihan lingkungan kerja dari sisa vaselin, kotoran dan tetesan minyak rem
6.
Langkah Kerja
a. Langkah
Pembongkaran
1) Mempersiapkan
alat yang akan dipergunakan
2) Mengendorkan
4 mur pengikat roda depan dengan menggunakan kunci roda 21mm
3) Mengangkat
mobil dengan menggunakan dongkrak
4) Memasang
jack stand pada bagian yang kuat
5) Melepas
roda depan dengan cara melepas mur pengikat dengan menggunakan kunci roda 21mm
6) Melepas
kampas rem, dengan cara melepas baut pengikat rumah kampas rem bagian bawah
dengan menggunakan kunci ring ukuran 12 dengan cara diputar ke kiri
7) Menarik
keatas rumah kampas rem lalu melepas kampas rem
b. Langkah
Pemeriksaan
1.
Memeriksa kampas rem
Saya memeriksa apakah kampas rem
masih tebal atau tidak. Ternyata kampas rem sudah sangat tipis sehingga perlu
diganti.
2.
Memeriksa piringan cakram
Saya memeriksa dengan cara meraba
apakah permukaan piringan cakram beralur atau tidak. Hasilnya cakram masih baik
dan hanya perlu diamplas saja.
3.
Memeriksa piringan piston rem
Hal ini dilakukan untuk memastikan
bahwa piston rem atau silinder rem tidak bocor
4.
Memeriksa minyak rem
Saya memeriksa minyak rem pada tabung
recervoir, ternyata minyak rem masih baik dan masih cukup (tidak kurang)
c. Langkah
Pemasangan
1. Langkah
pertama saya mengoleskan vaselin pada sisi luar kampas
2. Memasang
kampas pada rumah kampas rem
3. Memasang
dudukan/rumah kampas rem dengan cara didorong ke bawah
4. Memasang
baut pengikat rumah kampas rem dengan menggunakan kunci ring ukuran 12mm dengan
cara diputar ke kanan.
5. Memasang
roda depan kanan dan kiri lalu saya memasang mur roda dan memutar mur roda
menggunakan tangan ± 3 putaran lalu saya menggunakan kunci roda untuk
memepetkan mur pengikat
6. Setelah
kedua roda terpasang, lalu saya memeriksa kembali minyak rem pada tabung
recervoir. Lalu menutup tabung recervoir
7. Menurunkan
mobil
8. Mengeraskan
mur pada roda menggunakan kunci roda
d. Kesimpulan
1. Langkah
terakhir tinggal menguji kerja rem tersebut. Dengan cara mencoba laju kendaraan
di jalan umum kemudian direm.
2. Hasil
pengereman adalah rem pakem dan tidak menimbulkan bunyi (baik)
Info nya sangat leren gan. Mari mampir juga di blog ku.
BalasHapuscara mudah hilangkan angin palsu pada rrm cakram
penuebab mobil sedan bunyi kretek-kretek saat berbelok
dampak akibat balljoint rusak
cek kerusakan kaki-kaki mobil
cara ampuh meninggikan suspensi mobil sedan