MENGGANTI BEARING PADA TOYOTA KIJANG SUPER
1. Gejala
Kerusakan
a. Ketika
mobil diatas 50km/jam timbul bunyi pada bagian belakang
b. Timbul
getaran pada bagian belakang kendaraan
c. Kendaraan
tidak nyaman
2. Analisa
Kerusakan
Dengan mengacu hal diatas maka bisa
diperkirakan macam penyebabnya antara lain :
a. Mur
pada roda kurang keras
b. Ban
rusak
c. Bearing
roda sudah kocak
3. Tujuan
Mengganti Bearing roda
4. Alat
dan Bahan
Alat :
1)
Dongkrak (1)
2)
Jack stand (1)
3)
Kunci roda (1)
4)
Kunci shock 14mm (1)
5)
Trakel poros roda (1)
6)
Palu (1)
7)
Pipa besi (1)
8)
Gerinda tangan (1)
9)
Rachet (1)
10)
Sambungan shock (1)
11)
Pahat (1)
Bahan :
Toyota Kijang Super
5. Keselamatan
Kerja
a. Bagi
Praktikan
1) Mengenakan
pakaian kerja, sarung tangan dan topi
2) Tidak
bercanda saat bekerja
3) Mengenakan
kaca mata saat menggerinda
b. Bagi
Alat dan Bahan
1) Menggunakan
alat sesuai fungsinya
2) Meletakkan
alat dan bahan ditempat yang aman
3) Bekerja
sesuai prosedur yang ada
c. Bagi
Lingkungan
Menjaga lingkungan dari kotoran, oli
tumpah dan kotoran lainnya
6. Langkah
Kerja
a. Langkah
Pemeriksaan Awal
1) Mempersiapkan
semua alat yang akan digunakan
2) Mengganjal
roda depan dengan menggunakan balok kayu
3) Menaikkan
mobil dengan menggunakan dongkrak
4) Memasang
jack stand demi keamanan
5) Menggerak-gerak
roda, hasilnya bearing kocak
b. Langkah
Pembongkaran
1) Melepas
4 buah mur pengikat roda menggunakan kunci roda ukuran 21mm.
2) Melepas
roda dan tromol.
3) Melepas
4 buah baut pengikat poros roda dengan menggunakan kunci shock 14mm
4) Memasang
trakel poros roda pada poros roda dan menguncinya menggunakan mur roda.
5) Melepas
poros roda dengan menarik trakel poros roda
6) Melepas
pengunci bearing roda dengan cara digerinda kemudian dipecah
7) Melepas
bearing dengan cara dipecah menggunakan palu
c. Langkah
Pemeriksaan
1) Memeriksa
seal poros roda
Saya memeriksa seal poros roda dari
elastisitasnya dan hasilnya adalah seal poros roda masih baik atau masih
elastic
2) Memeriksa
alur poros roda
Saya memeriksa alur poros roda dari
bentuk fisiknya dan lainnya adalah masih baik dan tidak cacat.
d. Langkah
Pemasangan
1) Memasang
Bearing pada poros roda karena bearing berhubungan dengan pres maka pemasangan
bearing menggunakan pipa besi yang panjang dan dipukul dengan palu.
2) Memasang
pengunci Bearing roda caranya sama dengan memasang Bearing yaitu dengan
menggunakan pipa besi dan palu.
3) Membersihkan
housing dari perpak dan sealer yang menempel
4) Memasang
perpak dan dilekatkan menggunakan sealer pada housing
5) Memberi
sealer pada
6) Memasang
poros roda pada housing dan memasang 4 buah baut pengikatnya menggunakan kunci
shock 14mm, pemasangan baut pengikat harus menyilang dan bertahap
7) Memasang
tromol dan roda
8) Memasang
4 buah mur pengikat roda dengan menggunakan kunci roda kemudian mur dipepetkan,
pemasang mur juga harus menyilang dan bertahap
9) Menurunkan
mobil dengan menggunakan dongkrak
10) Mengencangkan
mur pengikat roda
e. Kesimpulan
Langkah terakhir tinggal menguji
kendaraan di jalan umum dan hasilnya suara dan getaran pada bagian kendaraan
hilang.
a. Langkah
Mengetap Oli
1. Menyiapkan
alat dan bahan
2. Membuka
kap mesin
3. Membuka
tutup oli mesin yang berada pada tutup kepala silinder
4. Menyiapkan
bak penampungan oli dibawah baut tap
5. Melepas
baut tap yang berada pada karter dengan menggunakan kunci ring 17mm
6. Sambil
menunggu oli mesin habis keluar saya juga membersihkan saringan udara
7. Membuka
tutup oli transmisi yang berada disisi samping transmisi, tutup oli berupa baut
8. Menyiapkan
bak penampungan oli dibawah baut tap oli transmisi
9. Melepas
baut tap oli transmisi yang berada pada bagian bawah transmisi dengan
menggunakan kunci ring 19mm
10. Membuka
tutup oli diferensial, tutup oli berupa baut
11. Menyiapkan
bak penampungan oli dibawah baut tap oli diferensial
12. Melepas
baut tap oli diferensian dengan menggunakan kunci ring 19mm
13. Setelah
oli hanya menetes saya menggunakan air gun untuk mempercepat keluarnya oli.
b. Langkah
Mengisi Oli
1. Setelah
semua oli keluar saya memasang baut tap baik mesin, transmisi maupun
diferensial dan dikeraskan menggunakan kunci ring 19mm
2. Mengisi
oli transmisi melalui lubang pengisi dengan menggunakan suntikan oli sampai
penuh atau oli sedikit keluar dari lubang pengisian.
3. Memasang
baut tutup oli transmisi dengan menggunakan kunci ring 19mm
4. Mengisi
oli diferensial dengan menggunakan suntikan oli dari lubang pengisian sampai
penuh atau oli sedikit keluar dari lubang pengisian.
5. Memasang
baut tutup oli transmisi dengan menggunakan kunci ring 19mm.
6. Mengisi
oli mesin mellaui lubang pengisian setelah kira-kira penuh saya melihat
permukaan oli melalui drip stik
7. Setelah
melihat drip stick ternyata permukaan oli masih pada garis lower lalu saya
menuangkan lagi oli mesin satu liter, lalu saya memeriksa kembali permukaan oli
dengan cara memasang dan mencabut drip stick kembali.
8. Setelah
oli mesin cukup, lalusaya menutup kembali lubang pengisian oli mesin.
9. Menutup
kap mesin
c. Kesimpulan
Langkah
terakhir adalah mengembalikan alat dan menulis penggantian oli untuk
selanjutnya digantung dibawah stir mobil.
Keren gan, kya makalah, lam kenal Allenstanford.com
BalasHapusSangat .embantu banget gan. Saoam kenal sejutamotif.blogspot.com
BalasHapusBest Free Spins No Deposit - LuckyClub
BalasHapusNo Deposit Bonus at Lucky Club Casino, 2021 - Try your luck with your lucky club bonuses and get Free Spins No luckyclub.live Deposit Bonuses today! No deposit bonuses are
Heheeee noo badd
BalasHapusYes yes yesss
BalasHapus