Jumat, 09 November 2012

PERBAIKAN SISTEM REM


PERBAIKAN SISTEM REM
1.        Gejala Kerusakan
Konsumen mengeluh bahwa saat pedal rem diinjak, kendaraan tidak mau berhenti. Singkatnya rem kurang pakem.
2.        Analisa Kerusakan
·         Melihat gejala keruskan di atas bisa diperkirakan penyebab tersebut antara lain :
a.       Mungkin minyak remnya kurang/habis
b.      Mungkin saluran minyak berisi udara
c.       Mungkin terjadi kebocoran pada sistem rem
d.      Mungkin kampas rem sudah tipis
3.        Tujuan
a.       Mengganti kampas rem pada rem depan
b.      Membersihkan komponen-komponen kotoran seperti vaselin yang telah berubah akibat panas, debu bercampur oli dan sebagainya
4.        Alat dan Bahan
Alat :
a.       Kunci roda
b.      Kunci ring 12mm
c.       Amplas
d.      Dongkrak
e.       Jack Stand
Bahan :
a.       Vaselin
b.      Minyak rem
5.        Keselamatan Kerja
a.       Bagi Praktikan
1)      Mengenakan pakaian kerja, sarung tangan, masker dan topi
2)      Serius dalam bekerja dan tidak bercanda
b.      Bagi Alat dan Bahan
1)      Menggunakan alat kerja sesuai dengan fungsinya
2)      Membuang minyak rem di air, supaya tidak menetes pada body
c.       Bagi Lingkungan Sekitar
1.      Menggunakan alas / baskom untuk melindungi kotoran yang jatuh ke lantai
2.      Menjaga kebersihan lingkungan kerja dari sisa vaselin, kotoran dan tetesan minyak rem
6.        Langkah Kerja
a.       Langkah Pembongkaran
1)      Mempersiapkan alat yang akan dipergunakan
2)      Mengendorkan 4 mur pengikat roda depan dengan menggunakan kunci roda 21mm
3)      Mengangkat mobil dengan menggunakan dongkrak
4)      Memasang jack stand pada bagian yang kuat
5)      Melepas roda depan dengan cara melepas mur pengikat dengan menggunakan kunci roda 21mm
6)      Melepas kampas rem, dengan cara melepas baut pengikat rumah kampas rem bagian bawah dengan menggunakan kunci ring ukuran 12 dengan cara diputar ke kiri
7)      Menarik keatas rumah kampas rem lalu melepas kampas rem
b.      Langkah Pemeriksaan
1.         Memeriksa kampas rem
Saya memeriksa apakah kampas rem masih tebal atau tidak. Ternyata kampas rem sudah sangat tipis sehingga perlu diganti.
 
2.         Memeriksa piringan cakram
Saya memeriksa dengan cara meraba apakah permukaan piringan cakram beralur atau tidak. Hasilnya cakram masih baik dan hanya perlu diamplas saja.
3.         Memeriksa piringan piston rem
Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa piston rem atau silinder rem tidak bocor
4.         Memeriksa minyak rem
Saya memeriksa minyak rem pada tabung recervoir, ternyata minyak rem masih baik dan masih cukup (tidak kurang)
c.       Langkah Pemasangan
1.      Langkah pertama saya mengoleskan vaselin pada sisi luar kampas
2.      Memasang kampas pada rumah kampas rem
3.      Memasang dudukan/rumah kampas rem dengan cara didorong ke bawah
4.      Memasang baut pengikat rumah kampas rem dengan menggunakan kunci ring ukuran 12mm dengan cara diputar ke kanan.
5.      Memasang roda depan kanan dan kiri lalu saya memasang mur roda dan memutar mur roda menggunakan tangan ± 3 putaran lalu saya menggunakan kunci roda untuk memepetkan mur pengikat
6.      Setelah kedua roda terpasang, lalu saya memeriksa kembali minyak rem pada tabung recervoir. Lalu menutup tabung recervoir
7.      Menurunkan mobil
8.      Mengeraskan mur pada roda menggunakan kunci roda
d.      Kesimpulan
1.      Langkah terakhir tinggal menguji kerja rem tersebut. Dengan cara mencoba laju kendaraan di jalan umum kemudian direm.
2.      Hasil pengereman adalah rem pakem dan tidak menimbulkan bunyi (baik)

1 komentar: