MENGGANTI KAMPAS KOPLING CARRY
1.
Gejala
Kerusakan
Konsumen mengeluh pada waktu mobil
dibawa untuk melaju, suara mesin keras, namun jalannya lambat. Selain itu,
ketika gas ditambah kecepatan mobil tidak bertambah. Hal ini menandakan bahwa
kolingnya slip.
2.
Analisa
Kerusakan
Dengan adanya hal tersebut diatas,
maka bisa diperkirakan macam penyebabnya antara lain :
a. Mungking
bidang geseknya licin tertutama pada kampas kopling
b. Kemungkinan
besar kampas koplingnya sudah tipis
3.
Tujuan
a. Mengganti
plat kolingnya
b. Mengganti
bantalan pembebas
c. Mengamplas
roda gaya
d. Membersihkan
bak kopling dan kerak dan kotoran
4.
Alat
dan Bahan
Alat :
a.
Dongkrak (2)
b.
Jack stand (3)
c.
Kunci shock (1
set)
d.
Kunci momen (1)
e.
Obeng (+) (1)
f.
Obeng (-) (1)
g.
Kunci ring (1
set)
h.
Rachet (1)
i.
Palu (1)
j.
Pelurus (1)
k.
Kaliper (1)
l.
Bak penampung (1)
m.
Kain lap (1)
n.
Kuas (1)
o.
Tang (1)
p.
Kompresor (1)
q.
Amplas (secukupnya)
5.
Keselamatan
Kerja
a. Bagi
praktikan
1) Mengenakan
pakaian kerja, sarung tangan dan topi serta celemek
2) Serius
dalam bekerja dan tidak bercanda
3) Menggunakan
Jack stand saat bekerja dibawah mobil
b. Bagi
Alat dan Bahan
1) Menggunakan
alat sesuai fungsinya
2) Melepas
kabel (-) baterai agar tidak konslet
3) Meletakkan
alat dan bahan ditempat aman
c. Bagi
lingkungan
Menjaga kebersihan bengkel
6.
Langkah
Kerja
a. Langkah
Pembongkaran
1) Pertama,
saya mempersiapkan semua alat yang akan digunakan
2) Melepas
kabel (-) baterai untuk keamanan
3) Mengangkat
mobil dengan dongkrak agar leluasa bekerja dibawah mobil
4) Memasang
jack stand agar aman
5) Memasang
jack stand yang atasnya diberi balok pada bak canter sebagai penyangga dengan
tujuan mesin tidak jatuh saat bak presnel dilepas.
6) Melepas
olor presnel dengan menggunakan tang
7) Melepas
penghubung kopling (olor) dari garpu pengungkit dengan cara melepas pegas
pembalik garpunya terlebih dahulu menggunakan obeng (-)
8) Melepas
soket atau kabel mundur pada kaki transmisi
9) Melepas
motor starter dengan melepas dua baut pengikat menggunakan kunci ring 14 mm
10) Melepas
poros propeller, dengan cara melepas 4 baut pengikat menggunakan kunci ring
ukuran 14mm. lalu melepas/menarik keluar poros bagian depan sampai terlepas
dari bak transmisi
11) Melepas
bak transmisi dengan cara melepas 8 buah baut pengikat dengan menggunakan kunci
sok 14mm.sebelum baut terlepas, saya memasang dongkrak dibawah bak transmisi
12) Setelah
baut terlepas, lalu melepas bak transmisi dan menurunkannya
13) Meletakkan
bak transmisi pada bak pencuci
14) Melepas
rumah kopling dengan cara mengendorkan 8 buah baut pengikat menggunakan kunci
sok ukuran 12mm. secara berurutan satu persatu.
15) Setelah
semua baut terlepas, lalu saya menarik rumah kopling ke luar
16) Melepas
garpu pembebas dengan cara meleas klem pengunci dengan menggunakan tang,
kemudian melepas bantalan pembebas
17) Melepas
garpu pembebas dari karet pelindung debu dengan menarik keluar garpu pembebas
dari lubang dudukannya pada bak transmisi.
b. Langkah
Pemeriksaan
1) Memeriksa
roda gaya
Untuk memeriksa roda gaya, terlebih
dahulu rumah kopling harus terlepas. Roda gaya diperiksa dari alur
permukaannya, hasilnya adalah permukaan roda gaya masih baik dan hanya perlu
diamplas saja. Selain itu juga memeriksa roda giginya, hasilnnya roda gigi pada
roda gaya masih baik dan tidak ada yang cacat.
2) Memeriksa
kampas kopling
Saya memeriksa dari kondisi fisik,
dan hasilnya karet torsi sudah kendur kampas kopling sudah tipis.
Selain memeriksa kampas kopling
secara visual, saya juga memeriksa kedalam paku keeling dengan cara mengukur
memakai caliper. Hasil pengukurannya adalah 0,03mm. hal ini berarti kampas
kopling harus diganti.
3) Memeriksa
bantalan pembebas
Cara saya memeriksanya adalah dengan
melepas bantalan pembebas lalu memeriksanya dengan cara diputar-putar dan
didengarkan bunyi putarannya. Hasilnya adalah putaran bantalan pembebas sudah
tidak lancar dan timbul bunyi (Ganti)
c. Langkah
Pemasangan
1) Sebelum
semua komponen dipasang, saya melumasi bantalan pembebas dan poros transmisi
terlebih dahulu dengan menggunakan grease.
2) Kemudian,
saya memasang kampas kopling dan rumah kopling pada roda gaya dengan
menggunakan batang pelumas supaya memudahkan nantinya saat memasang poros
transmisi.
3) Setelah
rumah kopling terpasang, lalu saya memasang baut pengikat rumah kopling yang
berjumlah 8 buah menggunakan kunci sok ukuran 12mm secara merata dan bergantian
4) Setelah
semua baut terpasang dan kencang, lalu pembimbing mengeraskan kembali
menggunakan kunci momen dengan menyilang dan merata
5) Memasang
bak transmisi dengan cara meletakkan bak transmisi pada dongkrak dan memompa
dongkrak sampai ketinggian transmisi sama dengan rumah kopling kemudian
mendorong bak transmisi maju sampai poros transmisi masuk k dalam poros kopling
(clutch hub)
6) Memasang
baut pengikat bak transmisi dengan menggunakan kunci ukuran 14mm dengan cara
menyilang dan rata kemudian melepas jack stand yang menahan mesin
7) Memasang
penyangga bak transmisi dengan body mobil dan mengikatnya dengan 4 buah baut
pengikat menggunakan kunci ring ukuran 17mm
8) Memasang
poros propeller dengan cara memasukkan poros dimulai dari bagian depan masuk ke
dalam bak transmisi bagian output. Lalu memasang poros propeller bagian
belakang yang berhubungan dengan garden dan mengikatnya dengan memakai 4 buah
mur dan baut pengikat dan dikeraskan.
9) Memasang
kembali olor kopling pada garpu pembebas, memasang pegas pembalik garpu
pembebas menggunakan obeng (-) dan tang, lalu memasang kembali kabel mundur pada socket yang
terdapat pada bak transmisi.
10) Memasang
olor presnel dengan menggunakan tang
11) Memasang
motor starter dengan memasang dua baut pengikatnya, llau menghubungkan kembali
kabel (+) bateray dengan terminal 30 motor starter dan terminal 50 dengan ST
kunci kontak.
12) Menurunkan
mobil
d. Kesimpulan
1) Setelah
mobil diturunkan dan dilakukan langkah pengujian. Langkah pengujian dilakukan
di jalam umum.
2) Setelah
pengujian, hasilnya adalah baik dengan bukti, saat terjadi penambahan gas,
kecepatan mobil juga bertambah dan pemindahan presnel dapat berjalan mulus dan
tidak menimbulkan bunyi
mkasih
BalasHapusInfo nya sangat leren gan. Mari mampir juga di blog ku.
BalasHapuscara mudah hilangkan angin palsu pada rrm cakram
penuebab mobil sedan bunyi kretek-kretek saat berbelok
dampak akibat balljoint rusak
cek kerusakan kaki-kaki mobil
cara ampuh meninggikan suspensi mobil sedan
mantap internet service provider jakarta
BalasHapus