Jumat, 09 November 2012

MENGGANTI KAMPAS KOPLING CARRY


MENGGANTI KAMPAS KOPLING CARRY

1.      Gejala Kerusakan
Konsumen mengeluh pada waktu mobil dibawa untuk melaju, suara mesin keras, namun jalannya lambat. Selain itu, ketika gas ditambah kecepatan mobil tidak bertambah. Hal ini menandakan bahwa kolingnya slip.

2.      Analisa Kerusakan
Dengan adanya hal tersebut diatas, maka bisa diperkirakan macam penyebabnya antara lain :
a.       Mungking bidang geseknya licin tertutama pada kampas kopling
b.      Kemungkinan besar kampas koplingnya sudah tipis

3.      Tujuan
a.       Mengganti plat kolingnya
b.      Mengganti bantalan pembebas
c.       Mengamplas roda gaya
d.      Membersihkan bak kopling dan kerak dan kotoran

4.      Alat dan Bahan
Alat :
a.    Dongkrak                        (2)
b.    Jack stand                        (3)
c.    Kunci shock                    (1 set)
d.   Kunci momen                  (1)
e.    Obeng (+)                        (1)
f.     Obeng (-)                         (1)
g.    Kunci ring                       (1 set)
h.    Rachet                             (1)
i.      Palu                                 (1)
j.      Pelurus                             (1)
k.    Kaliper                             (1)
l.      Bak penampung              (1)
m.  Kain lap                           (1)
n.    Kuas                                (1)
o.    Tang                                (1)
p.    Kompresor                       (1)
q.    Amplas                            (secukupnya)

5.      Keselamatan Kerja
a.       Bagi praktikan
1)      Mengenakan pakaian kerja, sarung tangan dan topi serta celemek
2)      Serius dalam bekerja dan tidak bercanda
3)      Menggunakan Jack stand saat bekerja dibawah mobil
b.      Bagi Alat dan Bahan
1)      Menggunakan alat sesuai fungsinya
2)      Melepas kabel (-) baterai agar tidak konslet
3)      Meletakkan alat dan bahan ditempat aman
c.       Bagi lingkungan
Menjaga kebersihan bengkel

6.      Langkah Kerja
a.       Langkah Pembongkaran
1)      Pertama, saya mempersiapkan semua alat yang akan digunakan
2)      Melepas kabel (-) baterai untuk keamanan
3)      Mengangkat mobil dengan dongkrak agar leluasa bekerja dibawah mobil
4)      Memasang jack stand agar aman
5)      Memasang jack stand yang atasnya diberi balok pada bak canter sebagai penyangga dengan tujuan mesin tidak jatuh saat bak presnel dilepas.
6)      Melepas olor presnel dengan menggunakan tang
7)      Melepas penghubung kopling (olor) dari garpu pengungkit dengan cara melepas pegas pembalik garpunya terlebih dahulu menggunakan obeng (-)
8)      Melepas soket atau kabel mundur pada kaki transmisi
9)      Melepas motor starter dengan melepas dua baut pengikat menggunakan kunci ring 14 mm
10)  Melepas poros propeller, dengan cara melepas 4 baut pengikat menggunakan kunci ring ukuran 14mm. lalu melepas/menarik keluar poros bagian depan sampai terlepas dari bak transmisi
11)  Melepas bak transmisi dengan cara melepas 8 buah baut pengikat dengan menggunakan kunci sok 14mm.sebelum baut terlepas, saya memasang dongkrak dibawah bak transmisi
12)  Setelah baut terlepas, lalu melepas bak transmisi dan menurunkannya
13)  Meletakkan bak transmisi pada bak pencuci
14)  Melepas rumah kopling dengan cara mengendorkan 8 buah baut pengikat menggunakan kunci sok ukuran 12mm. secara berurutan satu persatu.
15)  Setelah semua baut terlepas, lalu saya menarik rumah kopling ke luar
16)  Melepas garpu pembebas dengan cara meleas klem pengunci dengan menggunakan tang, kemudian melepas bantalan pembebas
17)  Melepas garpu pembebas dari karet pelindung debu dengan menarik keluar garpu pembebas dari lubang dudukannya pada bak transmisi.

b.      Langkah Pemeriksaan
1)      Memeriksa roda gaya
Untuk memeriksa roda gaya, terlebih dahulu rumah kopling harus terlepas. Roda gaya diperiksa dari alur permukaannya, hasilnya adalah permukaan roda gaya masih baik dan hanya perlu diamplas saja. Selain itu juga memeriksa roda giginya, hasilnnya roda gigi pada roda gaya masih baik dan tidak ada yang cacat.
2)      Memeriksa kampas kopling
Saya memeriksa dari kondisi fisik, dan hasilnya karet torsi sudah kendur kampas kopling sudah tipis.
Selain memeriksa kampas kopling secara visual, saya juga memeriksa kedalam paku keeling dengan cara mengukur memakai caliper. Hasil pengukurannya adalah 0,03mm. hal ini berarti kampas kopling harus diganti.
3)      Memeriksa bantalan pembebas
Cara saya memeriksanya adalah dengan melepas bantalan pembebas lalu memeriksanya dengan cara diputar-putar dan didengarkan bunyi putarannya. Hasilnya adalah putaran bantalan pembebas sudah tidak lancar dan timbul bunyi (Ganti)

c.       Langkah Pemasangan
1)      Sebelum semua komponen dipasang, saya melumasi bantalan pembebas dan poros transmisi terlebih dahulu dengan menggunakan grease.
2)      Kemudian, saya memasang kampas kopling dan rumah kopling pada roda gaya dengan menggunakan batang pelumas supaya memudahkan nantinya saat memasang poros transmisi.
3)      Setelah rumah kopling terpasang, lalu saya memasang baut pengikat rumah kopling yang berjumlah 8 buah menggunakan kunci sok ukuran 12mm secara merata dan bergantian
4)      Setelah semua baut terpasang dan kencang, lalu pembimbing mengeraskan kembali menggunakan kunci momen dengan menyilang dan merata
5)      Memasang bak transmisi dengan cara meletakkan bak transmisi pada dongkrak dan memompa dongkrak sampai ketinggian transmisi sama dengan rumah kopling kemudian mendorong bak transmisi maju sampai poros transmisi masuk k dalam poros kopling (clutch hub)
6)      Memasang baut pengikat bak transmisi dengan menggunakan kunci ukuran 14mm dengan cara menyilang dan rata kemudian melepas jack stand yang menahan mesin
7)      Memasang penyangga bak transmisi dengan body mobil dan mengikatnya dengan 4 buah baut pengikat menggunakan kunci ring ukuran 17mm
8)      Memasang poros propeller dengan cara memasukkan poros dimulai dari bagian depan masuk ke dalam bak transmisi bagian output. Lalu memasang poros propeller bagian belakang yang berhubungan dengan garden dan mengikatnya dengan memakai 4 buah mur dan baut pengikat dan dikeraskan.
9)      Memasang kembali olor kopling pada garpu pembebas, memasang pegas pembalik garpu pembebas menggunakan obeng (-) dan tang, lalu memasang  kembali kabel mundur pada socket yang terdapat pada bak transmisi.
10)  Memasang olor presnel dengan menggunakan tang
11)  Memasang motor starter dengan memasang dua baut pengikatnya, llau menghubungkan kembali kabel (+) bateray dengan terminal 30 motor starter dan terminal 50 dengan ST kunci kontak.
12)  Menurunkan mobil

d.      Kesimpulan
1)      Setelah mobil diturunkan dan dilakukan langkah pengujian. Langkah pengujian dilakukan di jalam umum.
2)      Setelah pengujian, hasilnya adalah baik dengan bukti, saat terjadi penambahan gas, kecepatan mobil juga bertambah dan pemindahan presnel dapat berjalan mulus dan tidak menimbulkan bunyi

3 komentar: